fbpx
6 tips memilih kompor gas portable
6 Tips memilih kompor gas portable
5 lampu bebas repot klik saklar
5 Lampu Bebas Repot Klik Saklar

Yuk lihat 6 fungsi smart plug yang akan menghemat tagihan listrik rumah. Smart Home telah menjadi tren di kehidupan moden ini. Prinsip dari Smart Home atau rumah pintar adalah dimana peralatan elektronik atau perangkat di rumah dapat dikendalikan dengan perangkat seluler atau tentunya kita juga dapat mengatur otomatisasi dalam mempermudah aktivitas sehari-hari. Saat ini banyak smart device ( perangkat pintar ) yang ditawarkan, mulai dari lampu pintar, smart plug ( stop kontak pintar ), hingga power strip extension yang pastinya akan membantu kita dalam menghemat tagihan listrik di rumah. 

Apa itu Smart Plug?

Smart Plug atau stop kontak pintar adalah perangkat berteknologi canggih yang dapat dikendalikan melalui aplikasi di perangkat seluler atau perintah suara. Kita dapat dengan mudah menyalakan dan mematikan arus listrik dimana saja, kapan saja. Otomatisasi penyalaan dan pemadaman arus listrik juga dapat dengan mudah dilakukan sesuai dengan kebutuhan sehingga akan menghemat tagihan listrik rumah. Seiring perkembangan teknologi, berbagai fitur tambahan tentunya akan mempermudah kita dalam mengatur kebutuhan listrik sesuai dengan keperluan kita. Namun perlu diingat bahwasanya smart plug bukan alat menghemat listrik, namun alat untuk mengontrol pemakaian listrik sehingga akan menghemat tagihan listrik.

6 Fungsi Smart Plug

1. Kendali Praktis perangkat listrik

Karena perangkat stop kontak pintar ini dikendalikan dengan aplikasi dengan koneksi Wifi, maka kita akan dengan mudah menyalakan atau mematikan stop kontak dari jarak jauh. Kita tidak perlu lagi khawatir karena lupa mematikan kipas angin, televisi, radio, setrika, atau bahkan pompa air. Dengan aplikasi, kita dapat mematikan semua perangkat elektronik yang sudah terhubung ke stop kontak dengan mudah kapan saja dimana saja. Bahkan dengan adanya stop kontak ini, kita dapat dengan mudah mematikan dan menyalakan pompa air di lantai satu ketika kita sedang di kamar tidur di lantai 3. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dan keceriaan dalam hidup.

2. Hemat dengan pengaturan otomatisasi

Atur waktu penggunaan perangkat elektronik kita sesuai dengan jadwal yang dibutuhkan. Contoh seperti pengaturan penyalaan pompa air selama satu jam setiap pagi pukul 06.00 hingga 07.00. Kita tidak perlu lagi repot menunggu untuk menyalakan atau mematikan pompa air. Hal lainnya seperti pengaturan timer pengecasan alat elektronik selama 2 jam. Tentunya proses otomatisasi ini akan sangat membantu kita dalam menghindari alat elektronik kita rusak karena kelebihan pengecasan. Contoh lainnya adalah pengaturan penyalaan dan pemadaman water heater atau pemanas air sesuai kebutuhan sehingga pastinya akan menghemat tagihan listrik.

3. Fitur indikator penggunaan daya listrik

Beberapa merek memiliki fitur indikator penggunaan daya listrik ( energy monitoring ) yang akan sangat bermanfaat bagi kita untuk menghitung kWh perangkat yang digunakan. Tentunya dengan adanya fitur ini kita dapat menganalisa konsumsi daya listrik di rumah kita dan melakukan pengaturan otomatisasi penyalanaan dan pemadaman sesuai kebutuhan sehingga akan menghemat tagihan listrik. Selain itu dengan adanya fitur ini, kita dapat memeriksa kesesuaian daya perangkat listrik dengan spesifikasi perangkat. Apabila terdapat perbedaan yang jauh, maka ada indikasi kerusakan pada perangkat tersebut.

4. Menghindari kerusakan perangkat elektronik

Arus listrik berlebih atau overload terkadang dapat terjadi ketika listrik tidak stabil atau efek sambaran petir. Beberapa stop kontak saat ini dilengkapi dengan sekering atau fuse yang akan otomatis memutuskan arus listrik berlebih.

5. Menjaga perangkat listrik tahan lebih lama

Penggunaan smart plug akan menjaga masa pakai perangkat listrik makin lama. Hal ini karena perangkat listrik berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Selain itu dengan adanya stop kontak ini, akan menghindari "beban hantu". Beban hantu adalah beban yang tetap ada ketika perangkat listrik atau elektronik dalam keadaan stand-by ketika dihubungkan dengan arus listrik. Atau dengan kata lain, perangkat listrik tersebut tetap mengkonsumsi daya listrik.

6. Kemudahan dengan perintah suara

Selain mengendalikan stop kontak dengan aplikasi di HP, kita juga dapat dengan mudah memerintahkan stop kontak untuk menyala dan padam dengan menggunakan perintah suara seperti Google Assistant, Shortcut Siri dan Amazon Alexa.

Contoh Penggunaan Fungsi Smart Plug

Dengan penjelasan 6 fungsi Smart Plug sebelumnya, tentunya kita dapat menggunakan perangkat pintar ini untuk berbagai macam kemudahan pengendalian perangkat elektronik atau listrik.

Pompa Air

  • Menyalakan pompa air di lantai satu ketika kita berada di kamar tidur lantai tiga. Kita tidak perlu lagi repot untuk turun ke lantai satu.
  • Mengatur otomatisasi penyalaan pompa air pada pagi hari untuk dapat mengisi tangki air.

Pemanas Air ( Water Heater )

  • Otomatisasi penyalaan pemanas air setiap jam 05.00 agar kita tetap dapat mandi air panas setiap paginya.
  • Penyalaan pemanas air ketika kita dalam perjalanan pulang wisata sehingga saat tiba di rumah kita tetap dapat menikmati mandi air panas.

Kipas Angin Dinding

  • Otomatisasi penyalaan kipas angin dinding setiap siang hari karena umumnya cuaca panas.
  • Otomatisasi pemadaman kipas ketika tengah malam karena umumnya udara sudah lebih sejuk.

Gunakan juga di berbagai perangkat elektronik yang kita perlu pengaturan otomatisasi atau pengendalian jarak jauh. Selain untuk pengaturan otomatisasi, penggunaan stop kontak pintar ini juga akan mempermudah kita dalam melihat penggunaan daya listrik karena dengan adanya fitur indikator penggunaan daya listrik atau energy monitoring.

Rekomendasi Smart Plug

Stop kontak pintar terbaru dengan kelengkapan 6 fungsi smart plug yang telah disebutkan diatas terdapat pada Hannochs Smart Device-01ASmart plug Hannochs adalah stop kontak pintar pertama di Indonesia yang ber-SNI. Hal ini tentunya akan menjamin keamanan penggunaan stop kontak ini. Selain 6 fungsi smart plug di atas, Hannochs Smart Device-01A juga dilengkapi fitur:

  • Teknologi Wifi Bluetooth memungkinkan kita tetap dapat mengendalikan stop kontak pintar ini dengan aplikasi dari jarak 10 meter dengan menggunakan bluetooth ketika koneksi wifi sedang bermasalah.
  • Child Protection akan melindungi anak dari bahaya kontak.
  • Kemampuan daya maksimal yang lebih tinggi dibandingkan dengan stop kontak pintar pada umumnya.
  • Lampu indikator untuk mempermudah kita dalam menemukan stop kontak pintar pada saat gelap.

Selain Hannochs Smart Plug ini pertama di Indonesia ber-SNI, perangkat pintar ini juga terlah ber-sertifikast postel sehingga memberikan Jaminan KEAMANAN dan STANDARISASI jaringan nirkabel ( Wifi ).

smart plug hannochs smart device-01akeunggulan smart plug hannochs smart device-01a

Merek : Hannochs
Teknologi : Bluetooth, energy monitoring, Kendali dengan aplikasi Hannochs Smart Home, Wifi.
Versi Wifi : IEEE 802.11 b/g/n, 2.4 GHz
Versi bluetooth : 4.2
Arus maksimal : 3'840 Watt, 16 Ampere
Indeks proteksi : IP20
Jangkauan tegangan : 100 – 240 Volt
Dimensi produk : 51 * 56 * 84 mm
Garansi ganti baru 1 tahun

Yuk segera dapatkan produk Hannochs bergaransi 1 tahun hanya di
Tokopedia Hannochs Official Store
Shopee Hannochs Official Store

Informasi terkait

  • Tanggal
    Juni 6, 2023
    Apa saja sih 6 Alasan Smart Plug Hannochs Pintar? Emangnya Smart Plug Hannochs beda dengan smart plug lainnya? Jawabannya tentu saja karena Smart Plug Hannochs adalah pertama di Indonesia yang ber-SNI. Dengan adanya SNI dipastikan bahwasanya produk stop kontak [...]
  • 6 fungsi smart plug
    Tanggal
    Mei 24, 2023
    Yuk lihat 6 fungsi smart plug yang akan menghemat tagihan listrik rumah. Smart Home telah menjadi tren di kehidupan moden ini. Prinsip dari Smart Home atau rumah pintar adalah dimana peralatan elektronik atau perangkat di rumah dapat dikendalikan dengan perangkat seluler atau tentunya [...]
  • Tanggal
    Juni 9, 2023
    Semoga rekomendasi 3 Smart Device ber-SNI pertama di Indonesia dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam penggunaan perangkat pintar di rumah dan perkantoran kita. SNI membantu konsumen dapat menikmati barang yang sesuai antara harga dan kualitasnya. [...]

Informasi berguna lainnya

  • Tanggal
    April 10, 2023
    Yuk lihat tips memilih kipas angin dinding terbaik untuk menyejukkan ruangan kita. Kondisi luar ruangan yang panas terkadang akan membuat kondisi ruangan di dalam rumah menjadi pengap. Kipas angin dinding telah menjadi salah satu alternatif menggantikan AC untuk menyejukkan seisi rumah karena lebih hemat biaya tagihan listrik. Selain itu, harga kipas angin lebih terjangkau dibandingkan dengan AC. Berbeda [...]
  • Tanggal
    Maret 23, 2023
    Yuk lihat rekomendasi jus buah sehat Selain manis dan segar, jus buah juga dapat membuat tubuh fit kembali sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu hidangan makanan yang baik. Kira-kira buah apa saja ya selain memiliki kasiat untuk kesehatan seperti mengontrol kolesterol?
  • Tanggal
    Februari 22, 2023
    Yuk lihat Rekomendasi 8 Lampu Canggih tanpa WiFi! Seiring kemajuan teknologi, lampu LED semakin canggih dengan fitur-fitur tambahan untuk memberikan kemudahan dan keceriaan dalam hidup. Teknologi untuk lampu LED terus mengalami perkembangan dalam satu dekade terakhir. Mulai dari lampu LED yang memiliki variasi warna, lampu dengan teknologi sensor cahaya atau sensor gerak, satu lampu dengan 3 fungsi [...]

Rekomendasi Produk

  • -37%
    lampu led Hannochs Sensor Gerak 13Wattkeunggulan-led-sensor-gerak-hannochs-motion-sensor-13-watt-ceria-pedia-800x800px

    Hannochs Sensor Gerak 13Watt

    Bola lampu LED Hannochs Sensor Gerak 13Watt dilengkapi dengan teknologi sensor gerak yang akan menciptakan otomatisasi penyalaan dan pemadaman lampu dengan mendeteksi pergerakan di sekitar lampu. Tidak perlu lagi repot untuk Klik saklar lampu dan tanpa koneksi internet / WiFi. Nikmati kecanggihnan pencahayaan tanpa harus ribet. Selain itu, dengan otomatisasi penyalaan dan pemadaman lampu, tentunya akan menghemat tagihan listrik, karena lampu hanya terpakai ketika diperlukan. Temukan pilihan Lampu canggih tanpa Wifi berteknologi Sensor Gerak dengan klik disini.

    tokopedia ceria pedia official   shopee ceria pedia official   lazada ceria pedia eshop official   blibli ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp107.500.Harga saat ini adalah: Rp67.300.
  • -36%
    Mesin Cuci 2 Tabung Arashi AWM-551Bkeunggulan Mesin Cuci 2 Tabung Arashi AWM-551B

    Mesin Cuci 2 Tabung Arashi AWM-551B

    Mesin cuci 2 tabung Arashi AWM-551B memiliki mode gentle / hijab sehingga sesuai untuk mencuci pakaian berbahan halus seperti pakaian bayi atau hijab. Kapasitas cucian hingga 5,5 kg dengan tabung pencucian dan tabung pengering terpisah sehingga dapat digunakan secara bersamaan. Fungsi Pengering dapat mempercepat pengeringan baju terutama ketika musim hujan. Kita tidak perlu khawatir terpeleset karena air cucian yang menetes ketika menjemur pakaian. Teknologi Termostat juga menjaga agar mesin cuci lebih tahan lama. Klik disini untuk pilihan mesin cuci portable lainnya.

    tokopedia ceria pedia official   shopee ceria pedia official   lazada ceria pedia official

    Harga aslinya adalah: Rp1.852.700.Harga saat ini adalah: Rp1.176.600.
  • -41%
    stand blender arashi asb-1502keunggulan-stand-blender-arashi-ASB-1502-ceria-pedia-800x800px

    Stand Blender Arashi ASB-1502

    Stand Blender Arashi ASB-1502 serbaguna dengan fitur Pulse dan 4 mata pisau berbahan stainless steel 0,8 mm sehingga tahan lebih lama. Wadah jar 1,5 liter terbuat dari bahan kaca sehingga mudah untuk dibersihkan. Bonus Grinder Cup memberikan kemudahan dalam menggiling bumbu masakan karena menggunakan 2 pisau stainless steel dengan ketebalan 0,6 mm. Teknologi Thermostat juga memastikan produk akan lebih awet. Arashi ASB-1502 telah Lulus K3L ( Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup ) sehingga aman untuk dipakai. Temukan tipe Blender Arashi lainnya dengan klik disini.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp512.400.Harga saat ini adalah: Rp303.000.
  • -38%
    downlight led hannochs panel click and dim 12watt ibr cahaya putihkeunggulan downlight led hannochs panel click and dim 12watt ibr cahaya putih

    Hannochs Panel Click and Dim 12Watt IBR

    Lampu Multifungsi Hannochs Panel Click And Dim 12Watt IBR cahaya putih dengan teknologi 3 pilihan Terang Cahaya dalam satu lampu. Hanya dengan Klik saklar lampu dan tanpa koneksi internet / WiFi. Bonus terminal penjepit untuk mempermudah pemasangan instalasi listrik. Nikmati kecanggihan pencahayaan tanpa harus ribet. Selain itu, dengan penyesuaian terang cahaya lampu sesuai keinginan pastinya akan merubah suasana ruangan dan menghemat tagihan listrik. Lihat pilihan Lampu 3 Terang Cahaya lainnya dengan klik disini.

    tokopedia ceria pedia official   shopee ceria pedia official   lazada ceria pedia eshop official    blibli ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp88.200.Harga saat ini adalah: Rp55.000.
  • -32%
    lampu spotlight Hannochs MR16 LED 5Watt WWkeunggulan lampu spotlight Hannochs MR16 LED 5Watt WW

    Hannochs MR16 LED 5Watt WW

    Spotlight Hannochs MR16 LED 5Watt WW hemat listrik hingga 90% jika dibandingkan dengan lampu sorot halogen biasa. Spotlight Hannochs dapat beroperasi pada jangkauan tegangan 180-240 Volt sehingga tetap menyala terang ketika tegangan listrik menurun. Umur lampu hingga 15’000 jam sehingga akan menghemat biaya dan tidak perlu repot mengganti lampu yang rusak. Sangat sesuai untuk pencahayan pajangan, lukisan, butik, restoran, bar dan lainnya.

    ceria pedia tokopedia official store   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official   blibli ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp32.000.Harga saat ini adalah: Rp21.700.
  • -42%
    lampu dekoratif Hannochs Baret Round HBR-01 72Watt tricolourkeunggulan lampu dekoratif Hannochs Baret Round HBR-01 72Watt tricolour

    Hannochs Baret Round HBR-01 72Watt Tricolour

    Lampu dekoratif Hannochs baret round HBR-01 72Watt Tricolour dengan ballast ( driver ) yang terintegrasi sehingga mudah untuk dipasang. Model lampu yang elegan akan menambah kesan mewah pada ruangan. Tersedia juga lampu dekoratif lainnya dengan klik disini. Lihat pilihan Lampu 3 Warna Cahaya lainnya dengan klik disini.

    ceria pedia tokopedia official store   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official   blibli ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp677.000.Harga saat ini adalah: Rp390.000.
  • -40%
    kotak lampu lilin Hannochs Candle LED-12 3Watt WW cahaya kuningkeunggulan lampu lilin Hannochs Candle LED-12 3Watt WW cahaya kuning

    Hannochs Candle LED-12 3Watt WW

    Lampu lilin Hannochs Candle LED-12 3Watt WW cahaya kuning adalah solusi pencahayaan yang nyaman di mata. Ciptakan pencahayaan yang elegan dan hemat tagihan listrik. Fitting W-27 memudahkan kita untuk langsung memasang lampu pada fitting yang sudah ada. Temukan juga lampu dekoratif lainnya untuk menghiasi ruangan dengan klik disini.

    ceria pedia tokopedia official store   ceria pedia shopee official store   lazada ceria pedia eshop official store   blibli ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp36.000.Harga saat ini adalah: Rp21.700.
  • -31%
    lampu hannochs sensor cahaya 9wattkeunggulan-led-sensor-cahaya-hannochs-light-sensor-9-watt-ceria-pedia-800x800px

    Hannochs Sensor Cahaya 9Watt

    Bola lampu LED Hannochs Sensor Cahaya 9Watt dilengkapi dengan teknologi sensor cahaya yang akan menciptakan otomatisasi penyalaan dan pemadaman lampu dengan mendeteksi terik cahaya matahari di sekitar lampu. Tidak perlu lagi repot untuk Klik saklar lampu dan tanpa koneksi internet / WiFi. Nikmati kecanggihan pencahayaan tanpa harus ribet. Selain itu, dengan otomatisasi penyalaan dan pemadaman lampu, tentunya akan menghemat tagihan listrik, karena lampu hanya terpakai ketika diperlukan. Tidak perlu lagi kawatir lupa mematikan lampu teras ketika pagi hari. Temukan pilihan Lampu canggih tanpa Wifi berteknologi Sensor Cahaya dengan klik disini.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official   blibli ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp82.800.Harga saat ini adalah: Rp57.000.