fbpx
8 manfaat minum air hangat
8 Manfaat Minum Air Hangat

Maraknya isu Beras Palsu

Semoga 6 cara mengenali beras palsu dapat menghilangkan kekhawatiran kita terhadap isu mengenai beras palsu yang beredar di masyarakat belakangan ini. Baru-baru ini marak berita bahwasanya ditemukan ada konten viral mengenai beras yang diingikasikan palsu dan bahkan terdapat berita bahwa ada konsumen yang jatuh sakit karena mengkonsumsi beras jenis palsu di tengah-tengah meningkatnya harga beras di pasaran. 

Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan banyak pihak termasuk kita yang biasanya sehari-hari mengkonsumsi nasi. Bagaimana apabila beras yang kita beli dan masak tersebut ternyata beras jenis palsu?

Walau tidak ditemukannya bukti yang konkrit akan adanya beras palsu di lapangan (toko penjual beras di pasar) dari pemeriksaan yang dilakukan institusi terkait, ada baiknya sebagai tindakan pencegahan kita mengetahui cara untuk mengenali beras kategori palsu.

Langkah Mudah 6 Cara Mengenali Beras Palsu

Beras palsu walau terlihat mirip dengan beras asli akan tetapi ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk dapat membedakan atau mengenali beras palsu.

1. Bentuk dan Tekstur

Beras palsu mulus (tidak bergurat) dan memiliki ukuran ramping. Warna bening dan tekstur halus layaknya berbahan plastik.

2. Cenderung Keras setelah dimasak

Beras palsu memiliki tekstur lembek saat dimasukkan ke penanak nasi dan cenderung keras saat dikeluarkan. Bahkan akan semakin kering dan keras setelahnya

3. Berbau bahan Kimia

Beras palsu akan beraroma sangit saat dimasak dan berbau bahan kimia.

4. Lengket di setrika

Saat beras palsu ditempelkan di setrika panas, maka beras akan lengket

5. Meleleh saat dibakar

Beras palsu akan meleleh saat dibakar karena berbahan plastik.

6. Air cucian tidak berubah warna

Saat dicuci, air tidak akan berubah warna menjadi putih.

Nah kita sudah tahu apa yang perlu kita lakukan untuk mengetahui apakah beras yang anda beli itu asli atau asli? Hati-hati saat berbelanja, perhatikan keselamatan kita bersama.

Dalam hal memasak nasi, percayakan pada penanak nasi digital Arashi ADC 2003, yang dilengkapi teknologi 3D dan multifungsi 8-in-1 yang mampu memasak berbagai jenis masakan.

keunggulan-penanak-nasi-digital-multifungsi-arashi-ADC-2003-ceria-pedia-800x800px

Informasi terkait

  • Tanggal
    Maret 23, 2023
    Yuk lihat rekomendasi jus buah sehat Selain manis dan segar, jus buah juga dapat membuat tubuh fit kembali sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu hidangan makanan yang baik. Kira-kira buah apa saja ya selain memiliki kasiat untuk kesehatan seperti mengontrol kolesterol?
  • Tanggal
    Mei 8, 2023
    Yuk lihat 3 rekomendasi kompor gas portable berkualitas terbaik untuk memberikan keseruan aktivitas di luar ruangan. Mulai dari pesta Steamboat atau BBQ di halaman atau taman rumah hingga saat berwisata di luar ruangan seperti danau atau hutan. Produk ini memberikan kemudahan untuk memasak [...]
  • Tanggal
    Mei 10, 2023
    Yuk lihat 6 tips memilih kompor gas portable supaya tidak menyesal setelah membeli. Umumnya kompor gas portable memiliki bentuk dan ukuran yang praktis untuk dibawa kemana saja. Cara menyalakan kompor gas juga mudah karena hanya perlu memasang kaleng gas butane dan menyalakan kompor. Karena [...]

Informasi berguna lainnya

  • Tanggal
    Maret 29, 2023
    Yuk lihat rekomendasi tipe blender terbaik untuk mempermudah kita dalam menghaluskan makanan atau membuat jus. Alat ini tentunya sering digunakan sebagai alat bantu memasak. Seiring dengan banyaknya tipe blender Arashi yang ditawarkan, mungkin akan membuat kebingungan untuk memilih blender yang tepat. Yuk lihat fitur-fitur yang ditawarkan masing-masing tipe dari blender Arashi untuk dapat [...]
  • Tanggal
    Mei 8, 2023
    Yuk lihat 3 rekomendasi kompor gas portable berkualitas terbaik untuk memberikan keseruan aktivitas di luar ruangan. Mulai dari pesta Steamboat atau BBQ di halaman atau taman rumah hingga saat berwisata di luar ruangan seperti danau atau hutan. Produk ini memberikan kemudahan untuk memasak [...]
  • Tanggal
    Januari 25, 2023
    Apakah Dispenser Arashi boros listrik? Dispenser galon bawah multifungsi Arashi sangat memudahkan kita, namun sering dibilang boros listrik dan mahal. Padahal saat ini terdapat dispenser multifungsi yang memudahkan kita untuk mendapatkan air panas dan dingin ketika kita butuhkan. Selain itu sebenarnya masih banyak kelebihan dari dispenser air minum galon bawah. Kapan saja kita membutuhkan air panas untuk [...]

Rekomendasi Produk

  • -39%
    hand blender arashi ahb-01keunggulan-hand-blender-chopper-mixer-multifungsi-arashi-AHB-01-ceria-pedia-800x800px

    Hand Blender Arashi AHB-01

    Hand Blender Arashi AHB-01 5-in-1 Multifungsi dilengkapi dengan fitur Chopper, Mixer dan Juicer dalam satu produk sehingga memberikan penggunaan yang maksimal. 2 pilihan kecepatan dan tingkat kebisingan rendah juga memberikan kenyamanan dalam pemakaian. Mata pisau dan pengaduk stainless steel dengan motor Tembaga memberikan kualitas produk yang kokoh, tahan lama dan aman untuk digunakan. Selain itu, Lapisan Spray Rubber pada bagian genggaman juga memberikan kenyamanan dan anti selip. Lihat Tips Memilih Blender Terbaik supaya tidak salah pilih.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp615.500.Harga saat ini adalah: Rp374.500.
  • -44%
    mixer tangan arashi ahm-1901keunggulan-mixer-arashi-AHM-1901-ceria-pedia-800x800px

    Mixer Tangan Arashi AHM-1901

    Mixer Tangan Arashi AHM-1901 dilengkapi dengan 5 pilihan kecepatan dan tombol Turbo serta pilihan pengait atau pengocok untuk menyesuaikan kebutuhan kita. Arashi AHM-1901 telah Lulus K3L ( Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup ) dan ber-sertifikat SNI sehingga aman untuk dipakai. Temukan juga tipe hand mixer Arashi AHM-1902.

    tokopedia ceria pedia eshop official store   shopee ceria pedia eshop official store   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp297.000.Harga saat ini adalah: Rp165.000.
  • -32%
    teko listrik arashi ake-s1801keunggulan teko listrik arashi ake-s1801

    Teko Listrik Arashi AKE-S1801

    Nikmati kemudahan praktis menyeduh teh dan kopi dengan Teko Listrik Arashi AKE-S1801. Dengan daya 350 Watt dan wadah kapasitas 1,8 liter memudahkan memasak air dengan praktis dan cepat. AKE S1801 dilengkapi fitur perlindungan overheat sehingga ceret akan otomatis padam ketika air sudah mendidih. Telah bersertifikat SNI dan lulus uji K3L ( keamanan, keselamatan, kesehatan dan lingkungan hidup ). Temukan Tipe Teko Listrik lainnya.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp201.900.Harga saat ini adalah: Rp137.700.
  • -37%
    mesin roti arashi aba-2005 tampak ataskeunggulan-alat-pembuat-roti-bread-maker-arashi-ABA-2005-ceria-pedia-800x800px

    Mesin Roti Arashi ABA-2005

    Mesin Roti Arashi ABA-2005 serbaguna dengan fungsi 19-in-1 dan canggih dengan Layar LCD dan kaca transparan pada sisi atas sehingga mempermudah kita dalam melihat proses pembuatan roti; selai; yogurt; dan adonan lainnya. Buat aneka jenis roti atau selai dengan mudah bersama Arashi Arashi Bread Maker ABA-2005. Ciptakan aneka jenis roti yang sehat dan higienis untuk keluarga karena ternyata tidak repot dan sulit membuat roti di rumah sendiri.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp1.600.500.Harga saat ini adalah: Rp1.013.400.