fbpx
inovasi canggih tanpa wifi
Inovasi Terang tanpa Wi-Fi

Yuk mari kita mengenal Indeks Kualitas Udara (AQI). Belakangan ini sering terdengar istilah AQI di beberapa konten yang membahas soal polusi udara. Yuk kita simak bersama untuk mengetahui lebih jelas perihal AQI atau Air Quality Index.

Apa itu Indeks Kualitas Udara /Air Quality Index

Indeks Kualitas Udara (AQI) adalah pengukuran konsentrasi polutan udara dalam polusi udara ambien dan risiko kesehatan terkait.

Air Quality Indeks (AQI) atau Indeks Kualitas Udara merupakan ukuran yang digunakan untuk menilai pencemaran udara di suatu daerah. Setiap negara pada umumnya memiliki indeks berbeda untuk menentukan status pencemaran udara di wilayah tertentu.

AQI berfokus pada dampak kesehatan yang dialami dalam beberapa jam atau hari setelah udara tercemar. Semakin tinggi nilai AQI, semakin tinggi tingkat polusi udara dan semakin tinggi pula risiko kesehatan.

Enam Rumus Indeks AQI

Terdapat enam polutan udara yang diukur dalam rumus indeks AQI, yaitu:

1. PM2.5

Partikel materi berukuran sangat kecil (kurang dari 2.5 mikrometer) yang dapat masuk ke dalam paru-paru dan berdampak pada kesehatan.

2. PM10

Partikel materi berukuran lebih besar (kurang dari 10 mikrometer) yang juga dapat mempengaruhi kesehatan.

3. Karbondioksida (CO)

Gas beracun yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil.

4. Sulfur dioksida (SO2)

Gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil dan aktivitas industri.

5. Nitrogen dioksida (NO2)

Gas yang berasal dari kendaraan bermotor dan pembakaran bahan bakar.

6. Ozon (O3) di permukaan tanah

Ozon yang terbentuk di permukaan tanah akibat reaksi kimia antara polutan lainnya.

Nomor Indeks Kualitas Udara

Nomor AQI ditetapkan berdasarkan polutan udara dengan nomor AQI tertinggi pada saat kualitas udara diukur. Indeks ini menunjukkan konsentrasi polutan udara dengan angka yang berada dalam kisaran kategori kualitas udara. Dalam setiap kategori dan rentang angka, risiko kesehatan yang meningkat terkait dengan peningkatan konsentrasi polutan udara diidentifikasi. Indeks kualitas udara berkisar antara 0 hingga 500, meskipun kualitas udara dapat diindeks lebih dari 500 jika terdapat tingkat polusi udara yang lebih tinggi. Kualitas udara yang baik berkisar antara 0 hingga 50, sedangkan pengukuran di atas 300 dianggap berbahaya.

Berikut adalah beberapa kategori AQI dan dampaknya pada kesehatan manusia:

1. Baik (0-50):

Kualitas udara menimbulkan sedikit atau tidak ada risiko kesehatan. Aktivitas luar ruangan dapat dilakukan seperti biasa.

2. Sedang (51-100)

Kualitas udara dapat memengaruhi kelompok sensitif. Aktivitas luar ruangan tetap dapat dilakukan, tetapi perlu berhati-hati.

3. Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif (101-150)

Kelompok sensitif (anak-anak, lansia, penderita penyakit pernapasan) harus mengurangi aktivitas luar ruangan.

4. Tidak Sehat (151-200)

Semua orang harus mengurangi aktivitas luar ruangan. Kelompok sensitif harus membatasi aktivitas.

5. Sangat Tidak Sehat (201-300)

Semua orang harus menghindari aktivitas luar ruangan. Kelompok sensitif harus tetap berada di dalam ruangan.

6. Berbahaya (301-500)

Semua orang harus menghindari aktivitas luar ruangan. Kelompok sensitif harus tetap berada di dalam ruangan dan menggunakan alat pembersih udara

Nah kalian sudah tahu kan apa saja skala dan dampaknya, jadi kita bisa mempertimbangkan kondisi udara di kemudian hari. Tapi bagaimana cek nilai-nya? Ternyata banyak website yang memberikan informasi secara real time perihal nilai indeks kualitas udara di Indonesia (atau bahkan kota-kota besar), seperti di https://www.aqi.in/dashboard/indonesia.

Semoga informasi ini membantu Anda memahami lebih lanjut tentang Indeks Kualitas Udara (AQI) dan pentingnya memantau kualitas udara sekitar kita! 😊

Jadi kalau kualitas udara sedang tidak baik, lebih baik kita membatasi diri untuk tidak keluar rumah agar kesehatan kita bisa terjaga ya. Nah kualitas udara di dalam rumah (dalam ruang) juga perlu kita jaga agar kita tetap terlindung dari bahaya polusi udara ini. Pastikan kalian sedia penyaring udara agar udara di rumah kalian tetap dalam kondisi bersih dan bebas polusi. Dalam hal menjaga kualitas udara di ruangan atau mobil, kita dapat mempercayakan ke Penyaring Udara Arashi

Rekomendasi Penyaring Udara Berkualitas

penyaring udara Arashi AAP-401keunggulan penyaring udara Arashi AAP-401

1. Arashi AAP-401

Nikmati udara segar dengan Penyaring Udara Arashi AAP-401 melalui 4 tahapan filter udara Pre-filter, Hepa H13 filter, Activated Carbon dan Lampu UV-C. Dilengkapi panel dengan tombol sentuh yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti lampu UV-C, mode Sleep, 3 kecepatan angin, pengaturan waktu, child lock, fungsi anion dan indikator penggantian filter. Garansi motor 1 tahun akan memberikan kenyaman dalam penggunaan.

penyaring udara Arashi AOP-301keunggulan penyaring udara Arashi AOP-301

2. Arashi AOP-301

Nikmati udara segar dengan Penyaring Udara Arashi AOP-301 melalui 3 tahapan filter udara Pre-filter, Hepa H13 filter dan Activated Carbon. Dilengkapi panel dengan tombol sentuh, mode sleep, 3 kecepatan angin, pengaturan waktu dan indikator penggantian filter. Juga tersedia wadah untuk aromaterapi. Garansi motor 1 tahun akan memberikan kenyaman dalam penggunaan.

penyaring udara mobil Arashi ACP-301keunggulan penyaring udara mobil Arashi ACP-301

3. Arashi ACP-301

Penyaring Udara Mobil Arashi ACP-301 praktis untuk membersihkan udara di mobil atau ruangan kecil. Desain minimalis dengan 3 tahapan filtrasi udara Pre-filter, Hepa H13 filter, dan Activated carbon mampu membersihkan udara dan menghilangkan aroma tidak sedap serta menyerap zat berbahaya seperti formaldehydes dan benzenes. Dilengkapi juga dengan Anion yang berfungsi mengurangi stress.

Informasi terkait

  • Tanggal
    Maret 26, 2023
    Yuk lihat rekomendasi jus sayuran sehat. Kita tetap harus menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga tidak akan merasa cepat haus dan lapar. Jika sebelumnya sudah diinformasikan mengenai rekomendasi jus buah, tentunya jus sayuran bisa menjadi pilihan sehat juga untuk membantu memenuhi [...]
  • Tanggal
    Juni 27, 2023
    Selain untuk menghilangkan rasa haus, ternyata ada 8 manfaat minum air hangat lainnya. Mengonsumsi air hangat dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dan baik untuk kesehatan mental. Tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup selama kurang lebih [...]
  • Tanggal
    Mei 9, 2023
    Yuk lihat 6 manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh. Selain menghilangkan rasa haus, minum air putih juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Asupan air putih tersebut dibutuhkan agar [...]

Informasi berguna lainnya

  • Tanggal
    Maret 23, 2023
    Yuk lihat rekomendasi jus buah sehat Selain manis dan segar, jus buah juga dapat membuat tubuh fit kembali sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu hidangan makanan yang baik. Kira-kira buah apa saja ya selain memiliki kasiat untuk kesehatan seperti mengontrol kolesterol?
  • Tanggal
    Juli 3, 2024
    Lampu Pintar: Inovasi Terang Tanpa Wi-Fi Di era teknologi yang terus berkembang, lampu pintar telah menjadi bagian integral dari rumah cerdas. Namun, tidak semua lampu pintar memerlukan koneksi Wi-Fi untuk beroperasi. Artikel ini akan menjelajahi inovasi lampu canggih yang dapat berfungsi tanpa ketergantungan pada Wi-Fi, memberikan solusi penerangan yang lebih fleksibel dan dapat diandalkan.
  • Tanggal
    Januari 25, 2023
    Apakah Dispenser Arashi boros listrik? Dispenser galon bawah multifungsi Arashi sangat memudahkan kita, namun sering dibilang boros listrik dan mahal. Padahal saat ini terdapat dispenser multifungsi yang memudahkan kita untuk mendapatkan air panas dan dingin ketika kita butuhkan. Selain itu sebenarnya masih banyak kelebihan dari dispenser air minum galon bawah. Kapan saja kita membutuhkan air panas untuk [...]

Rekomendasi Produk

  • -58%
    produk filter penyaring udara Arashi AAP-401filter penyaring udara Arashi AAP-401

    Filter Penyaring Udara Arashi AAP-401

    Filter Penyaring Udara Arashi AAP-401 terdiri dari 3 tahapan filter udara Pre-filter, Hepa H13 filter, dan Activated Carbon. Filter pengganti ini dapat digunakan untuk tipe Arashi AAP-401.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp537.100.Harga saat ini adalah: Rp223.500.
  • -73%
    penyaring udara Arashi AOP-301keunggulan penyaring udara Arashi AOP-301

    Penyaring Udara Arashi AOP-301

    Nikmati udara segar dengan Penyaring Udara Arashi AOP-301 melalui 3 tahapan filter udara Pre-filter, Hepa H13 filter dan Activated Carbon. Dilengkapi panel dengan tombol sentuh, mode sleep, 3 kecepatan angin, pengaturan waktu dan indikator penggantian filter. Juga tersedia wadah untuk aromaterapi. Garansi motor 1 tahun akan memberikan kenyaman dalam penggunaan. Klik disini untuk mempelajari filter pengganti ketika diperlukan.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp1.353.400.Harga saat ini adalah: Rp365.800.
  • -72%
    penyaring udara mobil Arashi ACP-301keunggulan penyaring udara mobil Arashi ACP-301

    Penyaring Udara Mobil Arashi ACP-301

    Penyaring Udara Mobil Arashi ACP-301 praktis untuk membersihkan udara di mobil atau ruangan kecil. Desain minimalis dengan 3 tahapan filtrasi udara Pre-filter, Hepa H13 filter, dan Activated carbon mampu membersihkan udara dan menghilangkan aroma tidak sedap serta menyerap zat berbahaya seperti formaldehydes dan benzenes. Dilengkapi juga dengan Anion yang berfungsi mengurangi stress. Garansi motor 1 tahun akan memberikan kenyaman dalam penggunaan. Klik disini untuk melihat tipe penyaring udara lainnya.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp462.100.Harga saat ini adalah: Rp131.000.
  • -77%
    penyaring udara Arashi AAP-401keunggulan penyaring udara Arashi AAP-401

    Penyaring Udara Arashi AAP-401

    Nikmati udara segar dengan Penyaring Udara Arashi AAP-401 melalui 4 tahapan filter udara Pre-filter, Hepa H13 filter, Activated Carbon dan Lampu UV-C. Dilengkapi panel dengan tombol sentuh yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti lampu UV-C, mode Sleep, 3 kecepatan angin, pengaturan waktu, child lock, fungsi anion dan indikator penggantian filter. Garansi motor 1 tahun akan memberikan kenyaman dalam penggunaan. Klik disini untuk melihat filter pengganti ketika diperlukan.

    tokopedia ceria pedia eshop official   shopee ceria pedia eshop official   lazada ceria pedia eshop official

    Harga aslinya adalah: Rp3.499.900.Harga saat ini adalah: Rp818.800.